Video Detik-detik Crane Raksasa Patah Diterjang Topan Dorian, Lalu Roboh Timpa Gedung Bertingkat

SHARE


KANADA - Sebuah video menunjukkan detik-detik sebuah " crane" atau alat derek raksasa yang roboh akibat diterjang angin Badai Dorian.
Insiden itu terjadi di kota Halifax, Kanada, setelah Badai Dorian memasuki wilayah itu pada Sabtu (7/9/2019) sebagai badai Kategori 2 dengan kecepatan angin mencapai 141 kilometer per jam.
Dalam rekaman berdurasi empat detik itu, terlihat bagaimana lengan derek yang panjang bergerak setelah diterjang angin dan ambruk menimpa sebuah konstruksi bangunan di dekatnya.

Badai Doriah menyebabkan sebuah crane patah dan menimpa gedung bertingkat
Badai Doriah menyebabkan sebuah crane patah dan menimpa gedung bertingkat (Craig Paisley/cbc.ac)
Dilaporkan CBC, lengan alat derek konstruksi itu runtuh menimpa sebuah proyek pembangunan gedung sebelum kemudian patah menjadi dua.
Kecelakaan itu terjadi tepatnya di South Park Street di pusat kota Halifax.
Fatema Ali (22), seorang saksi mata, mengatakan menyaksikan dari jendela apartemennya saat derek berwarna kuning itu bergoyang tertiup angin.
"Saya sangat terkejut. Tangan saya gemetaran," ujarnya, yang merekam adegan dramatis itu menggunakan kamera ponselnya.
Video tersebut diunggah ke akun media sosial CBC Nova Scotia, pada Minggu (8/9/2019).
Kepolisian Halifax telah mengonfirmasi baik derek maupun bangunan yang tertimpa tidak sedang ditempati saat insiden terjadi, sehingga tidak ada korban luka.
Dilansir New York Post, selain merobohkan alat derek raksasa, terjangan angin dalam Badai Dorian telah mendatangkan ketakutan penduduk selama beberapa jam.
Angin telah menyebabkan atap bangunan beterbangan, pohon-pohon dan kabel listrik juga roboh. Kerusakan lain yang lebih luas juga dilaporkan terjadi.
Lebih dari 380.000 warga kehilangan pasokan listrik di Nova Scotia, menurut CBC.
Angka itu melebihi 75 persen pelanggan listrik di wilayah provinsi itu, yang terpaksa harus tanpa penerangan pada pukul 23.30 malam.
S
Pohon roboh akibat Badai Doriah (Craig Paisley/cbc.ac)
"Kami berkomitmen penuh pada tugas yang ada untuk mendukung Manajemen Darurat Nova Scotia dan akan bergerak cepat untuk melindungi warga Kanada dan mengurangi dampak Badai Dorian," kata Letjen Mike Rouleau, komandan Komando Operasi Gabungan Kanada, dalam sebuah pernyataan.
Tidak ada laporan mengenai korban cedera parah maupun kematian yang dilaporkan terjadi di Kanada akibat terjangan Badai Dorian.
Badai Dorian sebelumnya telah menerjang sejumlah wilayah termasuk di Bahama dan Kuba, hingga Florida, Amerika Serikat.
Badai itu disebut paling mematikan saat melintasi kawasan Karibia, serta menimbulkan krisis nasional saat melintasi wilayah Bahama.
Setidaknya tujuh orang dilaporkan dan telah dikonfirmasi meninggal akibat terjangan badai yang sempat mencapai kategori 5 itu.
SHARE