Sering Diabaikan, Ini 6 Gejala Kanker Tenggorokan Dini: Salah Satunya Perubahan Suara

SHARE


Kanker tenggorokan sering tidka menimbulkan gejala sampai tahap akhir, namun deteksi dini membuat pengobatan lebih efektif.
Jika Anda melihat salah satu gejala kanker tenggorokan berikut ini, atau jika Anda memiliki riwayat merokok atau penggunaan alkohol yang berlebihan, sebaiknya Anda segera menghubungi dokter.
Benjolan di leher
Jika Anda melihat benjolan di leher yang belum pernah Anda rasakan sebelumnya, itu bisa menjadi tanda kanker tenggorokan.
Ini berarti bahwa jika ada tumor, kemungkinan besar metastasis dari tenggorokan ke leher, kata Eric M. Genden, MD, profesor dan ketua sistem Otolaringologi di Sistem Kesehatan Mount Sinai di New York City, seperti dikutip dari Reader’s Digest.
Benjolan paling umum dirasakan tepat di bawah rahang, katanya, tetapi mereka juga bisa hadir di tempat lain di leher.
Kelenjar yang membengkak di leher Anda dapat memiliki beberapa penyebab berbeda yang bukan kanker.
Perubahan suara
Kanker yang terbentuk pada pita suara sering kali dapat menyebabkan suara serak atau perubahan suara dan nada suara Anda.
Untungnya, perubahan yang nyata ini sering mengarah pada diagnosis lebih awal dan merupakan salah satu gejala kanker tenggorokan awal, menurut American Cancer Society.
Jika suara serak tidak hilang dalam waktu dua minggu, kunjungi dokter.
Anda atau pasangan Anda menderita HPV
Sudah diketahui bahwa human papillomavirus (HPV) dapat meningkatkan risiko mengembangkan kanker serviks jika Anda seorang wanita.
Tetapi dalam dekade terakhir, kanker mulut yang dikaitkan dengan HPV telah meningkat setidaknya empat kali lipat pada pria dan wanita, menurut The Mount.
Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit memperkirakan sekitar 70 persen kanker orofaring (tumor di belakang tenggorokan) dapat disebabkan oleh HPV.
“Telah ada epidemi eksplosif kanker terkait HPV. Pria sekarang mendapatkan kanker tenggorokan pada tingkat yang mengkhawatirkan, ”kata Dr. Genden.
Bagaimana tepatnya HPV dikaitkan dengan kanker mulut masih belum jelas.
Tetapi Dr. Genden mengatakan yang jelas adalah semakin banyak pria mengembangkan infeksi HPV di tenggorokan mereka, sebagian besar melalui seks oral.
Meskipun belum ada cara untuk menguji laki-laki terhadap virus, mengetahui status HPV pasangan Anda adalah salah satu cara untuk melakukan tindakan pencegahan.
Kanker tenggorokan yang berhubungan dengan HPV memiliki gejala yang sama dengan kanker tenggorokan yang dikaitkan dengan merokok, alkohol atau apa pun: rasa sakit saat mengunyah, luka di leher yang tidak sembuh, sulit menelan, atau suara serak.
Vaksin HPV dapat mencegah infeksi HPV dan, karenanya, kanker apa pun yang terkait.
Sering merasakan sesuatu di tenggorokan
Jika selalu terasa seperti ada sesuatu yang tersangkut di tenggorokan (ini disebut "sensasi benda asing" di dunia medis), itu bisa berarti tumor menghalangi sebagian tenggorokan Anda.
“Ini adalah presentasi yang sangat umum. Orang-orang merasakan ada sesuatu di sana tetapi mereka tidak dapat melihatnya, "kata Dr. Genden.
Kesulitan atau menelan yang menyakitkan juga bisa menjadi salah satu tanda awal kanker tenggorokan.
Sakit telinga
Menurut CDC, sakit telinga yang dirasakan terus-menerus kemungkinan merupakan gejala kanker tenggorokan.
Sakit tenggorokan  yang persisten
Jika Anda tidak sakit tetapi tidak bisa menghilangkan tenggorokan yang gatal, itu bisa menjadi salah satu tanda awal kanker tenggorokan.
Tumor yang terbentuk di daerah di bawah pita suara sering menyebabkan gejala kanker tenggorokan ini, menurut American Cancer Society.
SHARE