Rumah Botol Jadi Lokasi Wisata

SHARE


BIREUEN - Kini taman wisata alam murah dan dekat mulai berkembang di  Bireuen seperti di Desa Juli Meunasah Jok, Kecamatan Juli., Kabupaten Bireuen. Tepatnya di lintas nasional Bireuen-Takengon atau hanya berjarak 3 kilometer arah selatan. Di sini, sudah dapat menikmati wisata desa dengan panorama alam yang indah.
Di Desa Juli Meunasah Jok, kini dibangun Toga (Tanaman Obat Keluarga) dan rumah botol yang dicat berwarna-warni. Sehingga sangat menarik warga desa setempat dan sekitarnya untuk berwisata atau berselfie ria. Kehadiran objek wisata ini tentu saja untuk menambah pendapatan gampung.
Menghabiskan sekitar 2.000 botol mineral bekas, warga mampu menyulap tanah kosong menjadi lokasi wisata desa. Hampir setiap sore, warga desa setempat dan sekitarnya memenuhi taman toga dan rumah botol warna-warni tersebut.
Keuchik Juli Meunasah Jok, Muhammad Azhar mengatakan, Toga itu dibangun dilahan milik desa. "Lahan yang sempit itu kami manfaatkan untuk taman obat. Di samping taman ada beton rumah warga. Beton itu kami cat warna-warni dan lukis dengan berbagai lukisan, agar menarik perhatian masyarakat serta pengunjung," kata Azhar.
Untuk lebih menarik lagi, warga juga membangun sebuah rumah botol dengan bahan baku botol air mineral bekas yang dicat warna-warni. "Rumah botol ini menghabiskan 2.000 botol air mineral bekas. Rumah botol ini juga berfungsi sebagai tempat berteduh jika hujan dan terik matahari," terang pungkas Azhar.
SHARE