Polsek Kuta Alam Tangkap Ibu Dua Anak Curi Dompet di RSUZA Banda Aceh, Aksinya Terekam CCTV

SHARE


BANDA ACEH - Polsek Kuta Alam, Banda Aceh, menangkap seorang wanita dua anak asal Aceh Utara, berinisial Wy (34). 
Aksinya mencuri tas seorang keluarga pasien di Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin (RSUZA), Banda Aceh, terekam CCTV rumah sakit tersebut. 
Di dalam aksinya pada Senin (9/9/2019) sekitar pukul 00.20 WIB dini hari, tersangka ikut membawa dua anak-anaknya yang masih tiga tahun dan sepuluh bulan. Begini ceritanya. 
Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto SH, melalui Kapolsek Kuta Alam Iptu Miftahuda Dizha Fezuono SIK, mengatakan dalam aksinya itu, tersangka berbaur dengan keluarga pasien lainnya yang sedang tidur-tiduran di halaman IGD RSUZA.
Hal tersebut dilakukan tersangka, menurut Iptu Dizha, hanya modus untuk mengelabui orang-orang agar tak mencurigai keberadaanya di sana. 
Pelaku beserta kedua anak ikut tidur-tiduran di sana, seolah-olah menunjukkan mereka juga bahagian dari keluarga pasien.
"Tersangka waktu itu memang tidak tidur, melainkan pelaku sudah merencanakan mengincar barang-barang berharga milik keluarga pasien yang tidur di sana," kata Iptu Dizha kepada Serambinews.com, Rabu (18/9/2019).
Begitu melihat ada kesempatan, pelaku langsung menggasak tas dompet cokelat milik Magfirah (25), warga Gampong Lamlubok, Kecamatan Indrapuri, Aceh Besar yang diletakkan di samping korban tertidur.
Dompet cokelat milik korban yang berisikan uang Rp 3.667.000 plus satu STNK sepeda motor milik korban berhasil digondol pelaku seraya wanita itu bergegas meninggalkan lokasi.
Sedangkan korban terbangun dari tidurnya sekitar pukul 01.00 WIB dini hari dan ia sangat terkejut saat mengetahui dompetnya hilang dan timbul kepanikan. 
Pada dini hari itu juga, korban langsung membuat laporan ke Polsek Kuta Alam sesuai wilayah hukum rumah sakit tersebut. 
Laporan Polisi: LP.B/140/IX/YAN 2.5/SPKT tanggal 9 September 2019.
"Keterangan korban, dini hari itu dia sedang menunggui orang tuanya sakit. Karena kelelahan akhirnya korban tertidur dan tidak menyadari kalau dompet miliknya terletak di sampingnya," kata Iptu Dizha.
Begitu mendapat laporan tersebut, petugas Polsek Kuta Alam langsung ke lokasi dan meminta pihak RSUZA membuka rekaman CCTV. 
Akhirnya polisi berhasil menangkap tersangka Wahyuni kurang dari lima jam.
Tersangka diamankan sekitar pukul 06.00 WIB sedang tidur-tiduran di depan IGD RSUZA, Banda Aceh.
Tersangka beserta barang bukti (BB) dompet milik korban Magfirah yang dia curi dan disembunyikan di bagian baju dalam tersangka, akhirnya ditemukan oleh petugas.
Tersangka yang bersama dengan dua anak-anaknya saat itu langsung dibawa ke Polsek Kuta Alam Banda Aceh untuk dimintai keterangan.
"Berhubung tersangka ikut membawa anak-anak yang masih balita, akhirnya kami berkoordinasi dengan pihak Dinsos Aceh untuk proses penitipannya sementara. Untuk proses penitipan itulah yang agak sedikit lama, sehingga kasus ini baru kita ekpose," ujar Kapolsek Kuta Alam ini.
Ia menerangkan di dalam aksinya itu pelaku berperan tunggal dan dompet berisi uang Rp 3.667.000 milik korban Magfirah belum sempat digunakan oleh tersangka, karena baru dicuri saat itu.
"Kini tersangka telah kami amankan di sel Polsek Kuta Alam Banda Aceh untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya," pungkas Iptu Dizha. (*)
SHARE