Polisi Kembali Distribusi Air Bersih Untuk Warga Dua Gampong di Aceh Besar

SHARE


BANDA ACEH - Polresta Banda Aceh kembali mendistribusikan air bersih ke dua desa di Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar, Jumat (20/9/2019).
Sehari sebelumnya, Kamis (19/9/2019) sore, selepas ba'da Ashar, Polresta Banda Aceh juga telah mendistribusikan air bersih ke dua gampong dalam Kecamatan Darul Imarah, masing-masing Gampong Punie dan Gue Gajah sebanyak 15 ton.
Bahkan kendaraan taktis water cannon Polresta yang biasanya diturunkan khusus untuk menghalau demonstran yang bertindak anarkis, tapi kemarin dikerahkan untuk membawa air bersih yang selanjutnya didistribusikan ke masyarakat di Gampong Punie dan Gue Gajah, Kecamatan Darul Imarah.
Di samping satu armada water cannon, Polresta Banda Aceh juga ikut mengerahkan mobil tangki ke lokasi.
Kehadiran dua armada Polresta Banda Aceh ke lokasi untuk mendistribusikan air bersih ke ribuan warga di dua desa tersebut, mendapat sambutan yang luar biasa dari warga, dikarenakan masyarakat sangat terbantu dengan langkah mulia yang dilakukan petugas kepolisian resor kota tersebut.
Pasalnya menjelang dua pekan, warga sudah sulit memperoleh suplai air air bersih dari PDAM Tirta Mountala Ach Besar dengan lancar.
Selain kondisi Aceh Besar yang tengah dilanda kemarau panjang dan kekeringan dimana-mana sehingga banyak 'kantong-kantong' air yang kering, kondisi tersebut semakin diperparah keringnya sumber mata air di Mata Ie, di Kecamatan Darul Imarah.
Menyikapi kondisi itulah, atas inisiatif Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto SH, sehingga mengintruksikan jajarannya Polsek Darul Imarah bisa mendistribusikan air ke warga-warga di kecamatan itu.
Pendistribusian air bersih yang sudah mulai dilakukan Polresta sehari sebelumnya itu dibagikan untuk ribuan jiwa terdiri dari 704 kepala keluarga (KK), masing-masing 304 KK di Gampong Punie dan 400 KK di Gampong Gue Gajah.
Proses pendistribusian air bersih untuk warga di Kecamatan Darul Imarah itu, kemarin dilanjutkan lagi setelah pelaksanaan ibadah shalat Jumat (20/9/2019).
Di dalam pendistribusian tersebut Polresta kembali menurunkan puluhan personel ke lokasi. Dibantu personel Polsek Darul Imarah serta Koramil 11/Darul Imarah, petugas rela berbasah-basahan di saat air dimasukkan ke setiap penampung yang dibawa oleh warga, mulai jerigen, ember sampai dandang menanak nasi.
Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto SH, melalui Kapolsek Darul Imarah Iptu Surya SPdI, mengatakan musim kemarau masih melanda Banda Aceh dan Aceh Besar khususnya.
Kondisi itu mengakibatkan kekeringan di mana-mana, termasuk sejumlah desa yang menjadi sasaran pendistribusian air bersih yang mereka lakukan.
"Hari kedua, kami mendistribusikan air bersih ke warga Desa Lambheu dan Desa Leu Ue. Kondisinya juga sama, ribuan masyarakat di dua gampong tersebut juga mengeluh kekeringan dan sudah lama suplai air bersih tidak diterima lagi," kata Iptu Suriya kepada Serambinews.com, Sabtu (21/9/2019).
"Alhamdulillah, masyarakat kedua desa ini terbantu. Kami juga merasa bersyukur dengan apa yang dapat kami lakukan. Pendistribusian air bersih ini merupakan inisiatif dari pak Kapolresta dan mengutus kami untuk mewakili beliau," ungkap Suriya.
Kapolsek Darul Imarah ini juga menerangkan quick respons merupakan salah satu bukti pelayanan Kepolisian Resor Kota Banda Aceh terhadap persoalan air yang tengah dihadapi masyarakat.
Pada saat pendistribusian air bersih itu berlangsung, ikut turun ke lokasi Keuchik Lambheu Syahrul dan Keuchik Leu Ue, Amiruddin. Di samping itu datang Bhabinkamtibmas Polsek Darul Imarah serta Babinsa Koramil 11 yang selama ini telah merupakan ujung tombak dalam melayani masyarakat.(*)
SHARE