Petani Tangse Mulai Tanami Bawang Putih, Ini Lokasi Perdana

SHARE


SIGLI – Dua kelompok tani di Gampong Blang Rimeeh dan Blang Pandak, Kecamatan Tangse, Pidie mulai menanami bawang putih, Sabtu (21/9/2019).
Sebelumnya telah dilakukan MoU kerja sama kemitraan penanaman bawang putih di Aula Dinas Pertanian, Selasa (16/7/2019).
MoU itu antara Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Geunta Foundation, dua kelompok tani dan Kepala Dinas Pertanian Pidie kala itu Ir H Syarkawi MM.
Dua wilayah ini akan ditanami bawang putih di lahan 200 hektare (satu gampong 100 ha).
Pendanaan kegiatan dibantu pengusaha importir bawang putih melalui lembaga swadaya masyarakat Geunta Foundation.
"Bantuan diberikan dalam bentuk bibit, pupuk dan dan lainnya. Dalam waktu penanaman hingga panen dibina dan hasil panen dibagi dua setengah untuk petani setengah untuk pemberi modal (pengusaha)," kata H Yusri Melon selaku Koordinator Geunta di Pidie.
Menurut Yusri, tahap awal dilakukan penanaman perdana pengembangan bawang putih  di areal persawahan lokasi transmigrasi Gampong Blang Rimeh Paya Guci Tangse.
Rencananya realisasi penanaman bulan September  seluas 5 hektare dan akan dilanjutkan setiap bulan sehingga mecapai 100 ha.
Untuk lokasi kedua Gampong Blang Pandak juga menyusul setelah masa itu.
Kadis Pertanian dan Pangan Pidie kala  itu Ir Syarkawi SE MSi berpesan, petani di Pidie sangat terbantu dengan adanya bantuan kemitraan ini.
Dia juga berpesan kepada kelompok tani supaya menjaga dan memanfaatkan kesempatan ini karena terikat perjanjian.
Syarkawi juga meminta supaya isi perjanjian dengan pihak investor disosialisasikan kepada anggota kelompok tani di dua wilayah tersebut.
Sementara itu, ia meminta juga pihak petani maupun investor supaya berkoordinasi dengan tenaga penyuluh pertanian di kecamatan setempat.
Untuk pengembangan tanam perdana akan dilakukan pada awal Agustus 2019. Selain di Pidie lembaga ini juga melakukan kemitraan dengan petani di Aceh Besar dan Gayo Lues.(*)
SHARE