Pagi Ini, Hujan yang Mengguyur Langsa Bantu Redam Kabut Asap Karhutla di Riau

SHARE


LANGSA - Wilayah Kota Langsa dan sekitarnya pagi hari ini, Kamis (19/9/2019), mulai diguyur hujan ringan.
Hujan ringan dan gerimis ini otomatis membantu meredam kabut asap 'kiriman' dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Riau. 
Kabut asap ini mulai menyelimuti Kota Langsa dan sejumlah kabupaten/kota lainnya di Aceh sejak kemarin, Rabu (18/9/2019) 
Kabut asap masih terlihat pagi ini, namun ketebalannya sudah berkurang, apalagi diredam hujan ringan. 
Begitu pun belum bisa dipastikan apakah hingga siang nanti kabut asap ini semakin mereda atau malah kembali menebal lagi, karena hujan gerimis mulai reda.
Seperti diberitakan Serambinews.com kemarin, efek kabut asap salah satunya, pesawat Wings gagal terbang dari Bandara Kualanamu Sumatera Utara, ke Bandara Malikussaleh Aceh Utara.
Kepala Tata Usaha Satuan Pelayanan Bandara Malikussaleh, Niswan Rabu (18/9/2019) sore mengatakan,  sebenarnya jadwal penerbangan Wings dari Bandara Kualanamu pukul 13.30 WIB.
Namun sampai dengan pukul 14.30 WIB, pesawat belum juga terbang.
"Hasil konfirmasi awal kita. pesawat harus menunda penerbangan akibat kabut asap yang jarak pandangnya tinggal 1,5 kilometer," ujar Niswan.
Namun sekitar pukul 15.30 WIB, pihaknya kembali mendapatkan konfirmasi dari pihak Wings, kalau dipastikan pesawat tidak bisa terbang hari ini ke Bandara Malikusaleh, akibat kabut asap.
Padahal, jumlah penumpang dari Bandara Kualanamu penuh, yakni 72 orang.
Sedangkan dari Bandara Malikussaleh sebanyak 64 orang.
"Informasi kita dapat, biaya tiket bagi penumpang akan dikembalikan setelah dipotong 10 persen. Hal ini karena gagalnya terbang pesawat akibat faktor alam," demikian Niswan. (*)
SHARE