Musibah Kebakaran di Aceh Tamiang, Dari Rumah Terbakar hingga Damkar Terguling

SHARE


MANYAKPAYED - Niat ingin membantu memadamkan kebakaran rumah di Kampung Pahlawan, Manyakpayed, Aceh Tamiang, satu unit mobil pemadam kebakaran (damkar) justru mengalami kecelakaan. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam dua musibah tersebut.
Satu unit rumah di Kampung Pahlawan, Manyakpayed, Aceh Tamiang, Sabtu (21/9) sore musnah terbakar. Api juga menghanguskan dua unit sepeda motor dan satu unit sepeda. Diduga kebakaran terjadi akibat konsleting listrik.
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tamiang, Syari, mengatakan, rumah yang terbakar tersebut milik warga setempat, Kusnadi. Seluruh penghuni rumah dipastikannya selamat.
"Untuk penghuni rumah, seluruhnya selamat. Diduga (kebakaran) akibat listrik," katanya kepada Serambi kemarin.
Saat ini, pihaknya mengaku telah mendirikan tenda darurat di halaman rumah yang terbakar. Selain untuk menampung seluruh penghuni rumah yang berjumlah lima orang, tenda ini juga untuk mengakomodir bantuan sandang dan pangan. "Malam ini langsung kami dirikan. Persis di atas rumah korban yang terbakar," ujarnya.
Musibah kebakaran itu ternyata juga menyebabkan satu armada damkar milik BPBD terguling saat bergerak ke lokasi. Damkar yang mengangkut delapan petugas itu terperosok ke saluran air persawahan setelah berselisih dengan mobil pemotong rumput.
Saksi di lokasi kejadian mengatakan, saat melintas armada damkar tersebut dalam kecepatan tinggi, dan tiba-tiba hilang kendali karena sempat berpapasan dengan kendaraan lain.
"Di tengan jalan papasan sama mobil potong padi. Karena kencang, mobil pemadam hilang kendali," kata warga tersebut.
Hingga pukul 20.00 tadi malam, mobil pemadam tersebut belum berhasil dievakuasi. "Kami masih menunggu mobil derek Pertamina," ucap Kepala BPBD Aceh Tamiang, Syari.
Namun dia membantah keterangan warga yang menyebut armada damkar tersebut melaju kencang. "Jalannya kecil itu, mana bisa kencang. Ketika berusaha menghindar mobil potong padi, tergelincir," jelasnya.
Beruntung semua petugas di dalamnya selamat. Namun akibat insiden kecelakaan itu, proses pemadaman sempat terkendala. Amukan api menghanguskan rumah dan dua unit sepeda motor.
SHARE