Kota Langsa Keluarkan Kebijakan Percepatan Akte Kelahiran Anak

SHARE


LANGSA - Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPPA PPKB) Langsa, Kamis (19/9/2019) mensosialisasikan kebijakan percepatan kepemilikan akta kelahiran.
Sosialisasi ini diikuti 50 perserta dari sejumlah SKPK terkait, forum anak, dan instansi vertikal, serta masyarakat di Aula Hotel Harmoni Langsa.
Sekda Kota Langsa, Syahrul Thaib SH MAp mengatakan, saat ini masih ada sebagian orang tua yang tidak peka dan peduli terhadap hak dan kebutuhan anak-anaknya.
Bahkan, ada yang dengan sengaja membuang anak bayinya.
Serta menjadikan anak yang masih dibawah umur sebagai 'tulang punggung' keluarga.
Selain itu, eksploitasi terhadap anak juga masih banyak dilakukan oleh oknum orang tua, maupun kasus-kasus lainnya yang dialami anak.
"Persoalan ini harus menjadi perhatian semua pihak, agar kejadian merugikan anak ini terus berkurang serta tidak terjadi lagi,” ujarnya.
Syahrul Thaib menambahkan, anak adalah titipan dari Allah SWT yang wajib dijaga, dan kelak semua orang tua akan diminta pertanggung jawabannya.
Sekda juga mengajak orang tua peduli, menjaga, dan membesarkan anak dengan kasih sayang dan pendidikan, agar kelak mereka menjadi anak yang berguna.
"Orang tua dan kita semuanya harus berperan aktif peduli terhadap anak, sehingga ke depan Kota Langsa akan menjadi Kota Layak Anak,” sebutnya.
Kepala PPPA PPKB Langsa, Safrina Salim MKes menyampaikan, kegiatan ini bertujuan agar tersosialisasikannya pemenuhan hak anak atas kepemilikan akta kelahiran.
Diharapkan, melalui kegiatan sosialisasi ini, akan melahirkan strategi-strategi yang dapat menjadikan Kota Langsa sebagai Kota layak Anak.
"Tahun 2019 Pemko Langsa mendapatkan apresiasi sebagai Kota Layak Anak tingkat Pratama. Ke depan ditargetkan Langsa benar-benar menjadi Kota Layak Anak,” tutup Safrina. (*)
SHARE