Kabar Menggembirakan, RSU Teungku Peukan Abdya Mampu Operasi Memecah Batu Ginjal dan Saluran Kemih

SHARE


BLANGPIDIE - Rumah Sakit Umum Teungku Peukan (RSU-TP) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) maju selengkah lagi dalam pelayanan kesehatan masyarakat. Rumah sakit berlokasi di Padang Meurantee, Desa Ujong Padang, Kecamatan Susoh ini sudah mampu melakukan operasi memecahkan batu ginjal dan saluran kemih dengan menggunakan alat endoskopi urologi.
 “Operasi perdana kita laksanakan, Senin (9/9/2019),” kata Direktur RSU TP Abdya, dr Adi Arulan Munda dihubungi wartawan, Selasa (10/9/2019).
Operasi menggunakan alat endoskopi urologi yang pengadaannya dari sumber dana Otsus 2019. Operasi dilaksanakan  dr Infansyah SpU, tenaga dokter Pegawai Negeri Sipil (PNS) di rumah sakit yang lebih terkenal dengan nama ‘Rumah Sakit Korea’ itu.      
Di wilayah barat selatan Aceh (Barsela) meliputi Aceh Jaya, Aceh Barat, Nagan Raya, Aceh Selatan, Subulussalam dan Aceh Singkil, tenaga dokter spesialis urologi hanya dimiliki RSU TP Abdya, yaitu dr Irfansyah SpU.
“Sebelumnya, alat endoskopi di wilayah Barsela hanya ada di RSU Cut Nyak Dhien Meulaboh, tapi belum punya tenaga dokter spesialis. Mereka minta bantu dokter spesialis urologi dari kita,” kata dr Adi.       
Setelah memiliki alat endoskopi urologi, RSU-TP Abdya mulai melakukan operasi sejak Senin (9/9/2019).
Dr Adi Arulan Munda dan dr Irfansyah SpU  menjelaskan, keunggulan alat endoskopi urologi, yaitu  digunakan memecahkan batu ginjal dan batu saluran kemih (ureter, buli) dengan menggunakan kamera khusus tanpa sayatan (insisi).  
Kemudian, melakukan kerokan prostat pada pasien yang menderita pembersaran kelenjar prostat atau Benign Prostat Hiperplasia (BPH) dan tumor kandung kemih tanpa sayatan.  
“Keuntungannya komplikasi lebih rendah, masa perawatan bisa dipersingkat hanya 1-3 hari post op,” jelas dr Irfansyah SpU kepada Serambinews.com.
Direktur RSU-TP Abdya, dr Adi Arulan Munda menjelaskan, pasien dari rumah sakit daerah lain (wilayah Barsela) sudah bisa merujuk pasien ke RSU-TP Abdya, bila ada pasien hasil diagnosis menderita penyakit batu ginjal, batu saluran kemih, pembesaran prostat (BPH), tumor buli, striktur uretra.(*)  
SHARE