Jembatan di Wih Pesam Ditutup, Mulai Besok Sampai Selesai Pembangunan Jembatan Permanen

SHARE


BIREUEN - Jembatan bailey yang selama sebagai digunakan sebagai pengganti jembatan pelat beton di Jalan Bireuen-Takengon, kawasan Desa Jamur Ujung, Kecamatan Wih Pesam, Bener Meriah, yang ambruk pertengahan Desember 2018 lalu, akan ditutup mulai Senin (23/9/2019) besok.
Penutupan tersebut dilakukan karena di lokasi yang sama akan segera dibangun jembatan baru yang permanen. Selain itu, kondisi jembatan bailey yang dibangun pada Januari 2019 tersebut juga semakin darurat. Sehingga jika tak segera ditutup dikhawatirkan berbahaya bagi pengguna jalan. Apalagi, sekarang sudah memasuki musim penghujan.
Informasi itu disampaikan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 1.4 Ruas Jalan Bireuen-Takengon Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah I Provinsi Aceh, Zulfian, kepada Serambi, Sabtu (21/9/2019).  Menurut Zulfian, kerusakan terparah di jembatan itu adalah pondasi bronjong sudah terkikis oleh longsor.
“Bila jembatan itu tidak kita tutup dan ditangani segera, dikhawatirkan ada pengguna jalan yang musibah,” ujarnya. Zulfian menambahkan, pembangunan jembatan beton yang baru segera dimulai dan diharapkan selesai pada akhir Desember mendatang. “Karena itu, kita perkirakan jembatan bailey di Desa Jamur Ujung akan ditutup sampai akhir tahun ini atau saat pembangunan jembatan baru selesai,” jelas Zulfian.
Secara umum, menurut Zulfian, kondisi jalan Bireuen-Takengon sudah baik. Hanya ada beberapa titik yang perlu ditangani atau diperbaiki secepat mungkin. Sehingga pengguna jalan akan nyaman saat pergi dan pulang ke dataran tinggi Gayo.
SHARE