BMKG Pastikan Seluruh Aceh Diselimuti Kabut Asap Karhutla

SHARE


BANDA ACEH - Setelah pagi tadi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blangbintang, Aceh Besar menyebutkan hanya empat kabupaten di Aceh diselimuti kabut asap karhutla, namun siang ini mereka memastikan kabut asap mulai menyelimuti seluruh Aceh.

"Beberapa hari yang lalu kabut asap membungkus Aceh hanya beberapa kabupaten kota, namun pagi ini kabut yang kita perkirakan merupakan kabut asap telah menyelimuti seluruh provinsi Aceh, termasuk Banda Aceh dan Aceh Besar," kata Kasi Data BMKG Bandara SIM, Zakaria, Senin (23/9/2019).

Zakaria mengatakan, menurut data sebaran asap BMKG Pusat, hari ini tidak terlihat adanya sebaran asap di Aceh.

"Hal ini karena kemungkinan kelemahan satelit, di mana satelit tidak dapat memantau asap bila tertutup awan dan seperti kita tahu sekarang Aceh sedang banyaknya tumbuh awan hujan, maka wajar bila kita lihat dari peta sebaran asap tidak terdeteksi adanya paparan asap di provinsi Aceh," kata Zakaria.

BMKG Aceh memastikan bahwa yang menyelimuti langit Aceh saat ini adalah kabut asap.

"Karena bila kita lihat mata hari nampak berwarna kuning ke merah-merahan dan juga bila dilihat kelangit berwarna putih abu-abu relatif rata. Sedangkan kalau langit ditutupi awan akan telihat gumpalan-gumpalan," ujarnya.

Untuk asal kabut asap, BMKG memperkirakan masih merupakan asap kiriman dari musibah kebakaran hutan dan lahan beberapa propvinsi lain di Sumatera. (*)

Sumber: Serambinews
SHARE