Agen Kapal Pesiar, Sabang Termasuk dalam 15 Pelabuhan Tujuan

SHARE


JAKARTA - Nafarif Das, Section Cruise Head PT Andhika GAC, menyatakan Sabang termasuk dalam 15 pelabuhan tujuan cruise dari 200 pelabuhan yang ada di Indonesia.
"Sabang termasuk pesat kemajuannya. Masuk dalam 15 besar pelabuhan kunjungan Cruise," kata Nafarif dalam diskusi panel "Sabang Cruise Operator Business Forum" di Jakarta, Selasa (24/9/2019).
Sejak 3 tahun terakhir, Pelabuhan Sabang yang terletak di Teluk Sabang, telah dikunjungi oleh berbagai kapal pesiar, antara lain Albatros, Amadea, Artania, Colombus, Europa, Seabourn Legend, Seabourn Pride, Silver Discoverer, Silver Whisper dan Silver Wind. Rata-rata jumlah kunjungan kapal pesiar ke Pelabuhan Sabang mencapai 10 (sepuluh) kunjungan per tahunnya.
Nafarif optimis Sabang akan bisa menjadi pelabuhan kunjungan Cruise favorit apabila disediakan berbagai fasilitas penunjang yang dibutuhkan oleh wisatawan kapal pesiar.
"Yang utama adalah rasa aman dan nyaman. Soal fasilitas pelabuhan bisa diatasi secara teknis," katanya.
Ia mengatakan, kapal-kapal pesiar sekarang ada yang sudah dilengkapi dengan helikopter dan kapal selam.
"Nah apakah di Sabang sudah boleh para wisatawan mengitari Sabang dengan helikopter atau kapal selam, silakan disampaikan, nanti akan kami teruskan kepada jaringan, Cruise," katanya.
Dalam kesempatan itu Nafarif memaparkan pelabuhan-pelabuhan yang menempati ranking tertinggi dikunjungi cruise. "Dulu Jakarta favorit. Tapi belakangan tidak, sebab macet, saat para wisatawan itu berada di darat mengunjungi daerah wisata Taman Safari," katanya mencontohkan.
Ia juga mengingatkan, para wisatawan kapal pesiar tidak terlalu nyaman apabila diajak mengunjungi museum tsunami, sebab itu akan menjadi pikiran mereka yang berada di laut.
"Sebaiknya dihindari cerita-cerita tentang tsunami," sarannya.
Jumlah kunjungan kapal pesiar ke Indonesia berlipat ganda sejak 2017 sampai sekarang, itu karena Pemerintah Indonesia menyediakan berbagai kemudahan bagi kunjungan wisatawan, seperti bebas visa.
Daerah-daerah kunjungan favorit wisatawan kapal pesiar antara lain Borobudur, Raja Ampat, Taman Laut Nasional Karimunjawa, dan lain-lain.

Di tahun 2018, ada 372 kunjungan kapal pesiar ke Indonesia. Jumlah tersebut naik 100 persen dibanding 2017, yang hanya 187 kunjungan kapal pesiar.

Di tahun 2018, Bali adalah destinasi dengan angka kunjungan kapal pesiar tertinggi, yaitu 82 kunjungan, kemudian Kepulauan Gili (43 kunjungan), Pulau Komodo (40 kunjungan), Semarang (23 kunjungan), dan Surabaya (20 kunjungan).
Untuk meningkatkan jumlah kunjungan tersebut, Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang, mengembangkan berbagai strategi, antara lain penyelenggaraan even berskala internasional (khususnya wisata bahari), penyiapan fasilitas di Pelabuhan Sabang, hingga penyesuaian tarif jasa layanan kapal. (*)
Sumber: Serambinews
SHARE