Aceh Utara Bawa 56 Peserta ke MTQ Provinsi

SHARE


LHOKSUKON - Kafilah Aceh Utara membawa puluhan qari dan qariah ke Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXXIV Aceh di Sigli, seusai mengikuti prosesi penglepasan di Pendopo Bupati Aceh Utara oleh Sekda Aceh Utara, Abdul Aziz MH, Jumat (20/9).
"Kita hari ini berangkat dengan jumlah peserta 56 orang. Dengan jumlah tersebut kita dapat mengikuti semua cabang yang diperlombakan dalam MTQ kali ini," ujar Kepala Dinas Syariat Islam Aceh Utara, Tgk M Idris SE kepada Serambi.
Disebutkan, sebelum peserta dibawa ke MTQ provinsi, mereka sudah terlebih dahulu mengikuti serangkaian persiapan mulai dari pembinaan selama enam hari, dan juga pemantapan selama enam hari. "Untuk pemantapan, kita undang langsung dewan juri tingkat provinsi," ujar Tgk Idris.
Diharapkan dengan persiapan maksimal, Aceh Utara yang pernah meraih juara umum pada ke MTQ Ke-32 di Nagan Raya pada tahun 2015 dapat mengulang kembali prestasi itu. Pada MTQ Ke-33 di Aceh Timur, Aceh Utara berada di posisi ketiga. "Karena itu, kali ini kita harus mampu memperbaiki atau menaiki peringkat," katanya.
Cabang yang dilombakan meliputi tilawah, qiraat sab'ah, fahmil, syarhil, khattil quran, MMQ, dan tafsir. "Hampir semua cabang peserta kita dilatih oleh dewan juri tingkat provinsi," katanya. Peserta yang tampil kali ini di semua cabang adalah peserta baru hasil seleksi tingkat kabupaten.
Hanya cabang khattil saja yang merupakan peserta lama, tapi mereka sudah pindah cabang.  Mereka adalah peserta yang diseleksi dari peserta tingkat kabupaten lalu yang diadakan di Landing Kecamatan Lhoksukon. "Semoga saja semua peserta bisa tampil dengan baik, sehingga kita bisa memperbaiki peringkat," ujar Tgk IDris.
Sementara itu, Sekda Aceh Utara, Abdul Aziz MH saat menyampaikan sambutan ketika penglepasan kafilah berharap kepada semua peserta untuk tetap kompak dan mengikuti semua arahan dari panitia. Selain itu, peserta diminta bersungguh-sungguh dalam mengikuti event tersebut. "Jaga nama baik dan marwah Aceh Utara," pungkas Sekda Aceh Utara.
SHARE