Warga Lhokseumawe, Begini Cara Mengurus Dana Santunan Kematian

SHARE


LHOKSEUMAWE - Pemerintah Kota Lhokseumawe  tahun ini masih tetap menyediakan dana santunan terhadap orang yang meninggal.
Di mana pihak ahli waris bisa melakukan pengurusan ke Dinas Sosial setempat, untuk bisa mendapatkan dana santunan sebesar Rp 500 ribu.
Kepala Dinas Sosial Lhokseumawe, Ridwan Jalil Selasa, (20/8/2019) mengatakan, bila ada orang yang meninggal, maka para ahli waris bisa langsung datang ke Dinas Sosial Lhokseumawe.
Ahli waris hanya perlu membawa surat bukti kematian yang dikeluarkan keuchik setempat, fotokopi KTP, dan kartu keluarga (KK) dari orang yang meninggal.
Ditambah lagi dengan fotokopi KTP ahli waris dan fotokopi KK ahli waris.
Setelah menyerahkan berkas tersebut, maka ahli waris tinggal menunggu dihubungi pihak Dinas Sosial, untuk pengambilan santunan secara tunai sebesar Rp 500 ribu.
Namun menurutnya, proses pengampraham dana santunan kematian, tidak langsung dilakukan pihaknya ke Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Lhokseumawe.
"Tapi kita menunggu sampai adanya pengajuan 100 sampai 200 berkas. Setelah berkas terkumpul, maka baru kita ajukan pengampraham ke badan keuangan. Saat dana sudah ada di rekening dinas kami, baru kita hubungi ahli waris satu persatu untuk mengambil dana santunan secara tunai," katanya.
Ditambahkan, hingga awal Agustus 2019, pihaknya sudah menyalurkan santunan kematian kepada 248 ahli waris. (*)
SHARE