Warga Diimbau Ambil E-KTP yang Sudah Jadi

SHARE


LHOKSUKON – Jumlah Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) di Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Aceh Utara mencapai 5 ribu. Akan tetapi, KTP hasil perekaman selama tiga tahun itu ternyata belum diambil oleh pemiliknya.
“Awalnya, jumlah KTP tersebut mencapai 20 ribu lembar e-KTP tersebut. Namun, sebagiannya sudah mengambil langsung ke dinas,” ujar Kepala Disdukcapil Aceh Utara, Muhammad Zulfhadli didampingi Kasi Identitas Penduduk, M Yusuf kepada Serambi kemarin.
Diperkirakan, jumlah e-KTP yang masih berada di dinas mencapai 5 ribu lebih. KTP itu merupakan hasil perekaman dalam tiga tahun terakhir yaitu 2016, 2017, dan 2018. “KTP tersebut kita bawa pulang dari Jakarta ke kantor sejak Maret lalu. Meski sudah lima bulan, belum juga diambil oleh warga,” katanya.
Disebutkan, dalam beberapa kali sosialisasi pihaknya sudah menyampaikan kepada warga melalui pihak kecamatan untuk segera mengambilnya ke kantor. Bahkan, KTP warga sudah dipisahkan sesuai dengan nama desa, dan kecamatan masing-masing.
Hal itu dilakukan guna memudahkan mencari KTP ketika ada warga yang hendak mengambilnya. “Kita tidak berani menitip KTP jika bukan kepada keuchik atau camat, karena khawatir terjadi hal-hal yang tak diinginkan,” katanya.
Karena itu, pihaknya mengimbau kepada warga yang pernah merekam e-KTP pada tahun 2016, 2017 dan 2018, segera mengambil ke dinas sesuai dengan jam kerja. “Setiap hari kita melayani warga yang mengambil KTP dan pelayanan administrasi lainnya,” pungkas Muhammad Zulfahdli.(jaf)
SHARE