Pantai Ujong Serangga, Lokasi Ideal untuk Berwisata Sambil Berburu Ikan Karang Segar

SHARE


PADANG BARU - Pantai Ujong Serangga yang masuk kawasan Desa Padang Baru, Kecamatan Susoh, Aceh Barat Daya (Abdya), memang punya daya pikat tersendiri. Selain dermaga Pelabuhan Susoh dan dermaga Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI), kawasan Pantai Ujong Serangga ini juga diapit dua lokasi wisata terkenal, Pantai Jilbab di Desa Kedai Pasir dan Pantai Cemara Indah dalam kawasan Desa Padang Baru/Desa Pulau Kayu, sehingga para wisatawan punya banyak alternatif.
Pesona alam yang dimiliki dua pantai itu menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung lokal maupun dari luar daerah. Tak mengherankan, ketika memasuki hari libur kerja, terutama pada akhir pekan, banyak warga berkunjung ke sana bersama anggota keluarga.
Pantai Ujong Serangga, selain sebagai objek wisata alam, juga menjadi lokasi berburu bagi para pecinta ikan segar. Sebab, keberadaan PPI di kawasan itu membuat pengunjung bisa mencari beragam jenis ikan karang segar yang dibawa pulang nelayan setiap pagi hari. Makanya, selepas Subuh, warga dari Susoh dan Blangpidie mengalir ke Ujong Serangga untuk membeli ikan segar sambil menikmati keindahan alam pagi hari.
Mana kala boat merapat ke dermaga PPI, segera saja diserbu warga bersama pedagang atau penggalas ikan. Terjadi penawaran seru terhadap ikan segar hasil tangkapan para nelayan. Sering terjadi warga dan pedagang ikan berlomba melakukan penawaran, terutama ikan karang. Bila ikatan ikan karang jenis tertentu sudah dipegang seseorang, maka peminat yang lain harus bersabar tak boleh menawar harga kepada nelayan sang pemilik ikan. Setelah dilepas yang berarti harga tidak cocok, baru yang lain bisa menawar.
“Setiap pagi, ratusan perahu robin mendaratkan beragam jenis ikan hasil tangkapan di sini (Ujong Serangga),” kata Panglima Laot Abdya, Hasanuddin kepada Serambi, Rabu (28/8). Dijelaskan Panglima Laot, bahwa boat TS atau perahu robin dalam jumlah antara 5-7 unit biasanya membawa pulang beragam jenis ikan hasil tangkapan dalam jumlah besar. Sedangkan jumlah perahu mesin yang merapat setiap pagi mencapai ratusan unit.
SHARE