Menurut Peneliti, 6 Perasaan Ini Akan Dialami Seseorang yang Akan Meninggal

SHARE


Bagi Makhluk yang memiliki nyawa, kematian adalah sesuatu yang pasti terjadi.
Tidak ada yang perniah bisa menebak usia dan kematian seseorang.
Belum lama ini penelitian menemukan fakta baru mengenai perasaan yang dialami seseorang sebelum meninggal dunia.
Meskepun kematian merupakan salah satu misteri yang belum sepenuhnya terpecahkan, banyak peneliti profesional yang sering belajar di bidang kematian, sebagai contoh adalah psikolog Raymond Moody dari Amerika Serikat.
Dia memperlajari tentang perasaan yang akan dialami oleh orang-orang yang sedang mengalami krisis kehidupan alias sekarat.
Penelitian ini memiliki 150 orang yang sedang sekarat dan semuanya hampir meninggal, tetapi sebagian berhasil menyelamatkan diri.
Sebagian karena diselamatkan oleh medis, dan sebagaian memang meninggal secara alami, mereka diantaranya mengalami perubahan emosi batin berbeda.
Menurut Raymond dilansir dari Toutiao, mereka akan mengalami 6 perasaan ini sebelum meninggal:
Ambigu
Perasaan ini muncul ketika orang menerima kenyataan mereka akan mati, kesadaran mulai kabur, kelelahan mental, dan tidak mengingat hal-hal dalam beberapa menit pertama.
Merasa nyaman
Banyak orang yang hampir mati, ketika itu beberapa diantaranya merasa sangat damai, tidak merasakan sakit ditubuh meski mereka dalam kondisi sakit parah.
Mereka digambarkan seperti memasuki lorong hitam, seluruh tubuh dan pori-porinya terlihat sangat nyaman lebih baik dari sebelumnya.
Sensasi organ berubah
Beberapa orang merasa bahwa pendengarannya dan pengelihatan mereka berubah, secara luar biasa sebelum mati.
Mereka melihathal-hal yang belum pernah mereka lihat sebelumnya, pendengaran menjadi sangat jernih dan bahkan bisa mendengar lagu-lagu yang indah.
Keluar dari tubuh
Merasakan bebas dan melayang, jiwa keluar sebelum mereka mati, bisa melihat tubuh mereka sendiri, namun tidak bisa mengendalikan tubuhnya.
Mereka yang akan mati juga tidak bisa berbicara dengan orang-orang sekitar, meski bisa melihatnya dengan jelas.
Merasa kesepian
Beberapa orang akan merasakan kesepian kuat sebelum mereka meninggal, dia tidak tahu cara berkomunikasi dengan orang-orang sekitarnya.
Matanya kosong, dan hatinya depresi, yang merasakan bahwa dia bukan lagi milik dunia, sedangkan jauh dalam lubuk hatinya dia sangat kesepian.
Ada "orang-orang" disekitarnya
Bertentangan dengan rasa kesepian, beberapa orang yang akan meninggal melihat orang lain di dunia, ketika mereka sekarang.
Mereka adalah orang-orang yang sangat berarti dan membantu diri mereka, untuk pergi ke alam kematian.
Seperti kedidakekalan manusia, mereka seolah berbicara dengan diri mereka sendiri. (*)
SHARE