Kotak Sambung Jaringan Internet Ke Kota Takengon Hilang

SHARE


TAKENGON – Kotak sambung (join) jaringan internet indihome ke Kota Takengon, Kabupaten Aceh Tengah, hilang sehingga jaringan internet ke beberapa daerah di Dataran Tinggi Gayo (DTG) sempat terganggu. Lokasi hilangnya kotak sambung tersebut, berada sekitar 85 kilometer dari Kota Takengon.
SPV Plasa Telkom Takengon, Syafril kepada wartawan, Rabu (28/8/2019) mengatakan, hilangnya kotak sambung tersebut, sempat menganggu kelancaran jaringan selama beberapa jam ke Kota Takengon.
“Memang benar, kemarin sejak pukul 15.30 WIB, jaringan kita sempat terganggu. Tapi sudah dibenahi jaringan sudah kembali stabil,” kata Syafril
Dia mengatakan, setelah diketahu titik gangguan sekitar 85 kilometer dari Kota Takengon, tepatnya masih berada di kawasan Kabupaten Bireuen, teknisi telkom langsung melakukan perbaikan secara cepat.
“Kemungkinan alat itu, diambil orang. Kita tidak tahu juga tujuannya untuk apa. Bisa jadi juga diambil anak-anak,” ujarnya.
Ketika ditanya soal, seringnya terjadi gangguan jaringan internet di Aceh Tengah maupun Bener Meriah, beberapa waktu lalu, Syafril menyebutkan, kendala yang sering dihadapi lantaran kabel fiber optik yang ditanam di sepanjang ruas jalan Bireuen-Takengon, kerap terganggu karena adanya perbaikan jalan serta terputus karena musibah tanah longsor.
Kendala lain, lanjutnya, kurang berkoordinasinya pihak ketiga yang sedang melaksanakan pengerajaan proyek pelebaran jalan di sejumlah titik di ruas jalan Bireuen-Takengon kabel sering putus karena terkena pengerukan alat berat.
“Kalau ada koordinasi, tentu jika ada kabel yang putus karena efek pelebaran jalan bisa cepat ditangani . Masalahnya, kita sering meraba untuk mencari dimana titik putusnya karena langsung ditimbun tanah. Inilah yang membuat penangananya agak sedikit lama. Kita berharap, ada koordinasi,” pungkasnya.
Keberadaan jaringan  internet di Kota Takengon, Kabupaten Aceh Tengah, sudah menjadi bagian dari kebutuhan, layaknya jaringan listrik. Apabila jaringan internet terputus, membuat sejumlah aktifitas masyarakat menjadi terganggu, khususnya bagi mereka yang memiliki usaha dengan mengandalkan jaringan internet. (*)
SHARE