Dua Bulan Lalu, Ayah Doe Sutradara Eumpang Breuh Sempat Syuting Film, Ini Karya Terakhirnya

SHARE


BANDA ACEH - Sekitar dua bulan lalu, almarhum Imran Nyak Abeudo alias Ayah Doe, sempat menggarap sebuah film bersama segenap aktor serial komedi Aceh Eumpang Breuh.
Film yang digarap adalah film tentang sosialisasi qanun ternak di Kabupaten Aceh Utara. Para aktor yang terlibat seperti Haji Uma, Muhammad Daud, Aduen Jelaih, dan beberapa lainnya.
"Iya, kami baru menyelesaikan film tentang sosialisasi qanun ternak di Aceh Utara, dua bulan lalu, itu karya terakhir Bang Edo," kata staf ahli H Sudirman alias Haji Uma, Muhammad Daud kepada Serambinews.com, hari ini.
Untuk diketahui, Ayah Doe sudah memulai kariernya di dunia perfileman Aceh sejak tahun 90-an. Awalnya, Ayah Doe menjadi sutradara tunggal, dia juga sekaligus menjadi produser untuk film atau album-album musik Aceh yang digarapnya.
Hingga akhirnya sekitar tahun 1995, Ayah Doe berkenalan dengan Produser Dhien Keramik Production, H Khairuddin atau yang akrab didapa Bang Din Keramik.
"Awalnya kami buat film Ma'epong, itu karya pertama saya bersama almarhum," kata Bang Din kepada Serambinews.com, Sabtu (3/8/2019).
Selanjutnya, pada tahun 2005, keduanya mulai menggarap serial komedi yang menghebohkan jagat industri film Aceh saat itu, yaitu serial komedi Eumpang Breuh.
"Film Eumpang Breuh pertama memang sudah digarap Ayah Doe, lalu saya beli dan kita produksi bersama, kita kerja sama lah," kata Bang Din.
Setelah itu, keduanya terus berkolaborasi hingga melahirkan lebih kurang 16 seri film komedi Eumpang Breuh.
"Jika saya total, ada sekitar 48 album saya kerja sama dengan almarhum, itu semuanya bukan hanya Eumpang Breuh saja, termasuk film pendek dan lagu-lagu," pungkas Bang Din Keramik. (*)
SHARE