DPO Penikaman Polda Sumut, Diringkus di Ulee Kareng, Begini Proses Penangkapannya

SHARE


BANDA ACEH - Personel opsnal Unit Ranmor Satuan Reskrim Polresta, Banda Aceh, meringkus MY alias Jones (32), tersangka penikaman yang diburu Polda Sumatera Utara (Sumut), Polres Langkat, dan Polsek Pangkalan Susu, sejak penikaman dilakukan tersangka, Jumat, 16 Agustus 2019 lalu, di Jalan Pangkalan Brandan, Desa Sei Siur, Kecamatan  Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat.
Pascapenikaman itu, tersangka melarikan diri ke Aceh dan akhirnya diperoleh informasi, tersangka berada di kawasan Ulee Kareng, Banda Aceh.
Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto SH, melalui Kasat Reskrim, AKP M Taufiq SIK mengatakan, tersangka yang merupakan warga Desa Payu, Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat, Sumut itu diringkus di Ulee Kareng,  Rabu (28/8/2019) sekitar pukul 15:00 WIB.
Penangkapan tersangka dipimpin Kasubnit II Ranmor Satreskrim Polresta, Bripka Muhammad Salihin.
“Setelah peristiwa penikaman itu, tersangka MY alias Jones ini masuk dalam DPO Polda Sumut,” ungkap Taufiq, kepada Serambinews.com, Rabu (28/8/2019) malam.
Menurutnya, penangkapan tersangka berdasarkan Laporan Polisi Nomor: LP/ 49/VIII/2019/SUSU/LKT/SEK PKL.SUSU.
Tersangka Jones, lanjut Kasat Reskrim Polresta ini, merupakan satu dari dua pelaku lainnya berinisial Ucil (25) yang telah ditetapkan sebagai DPO Polda Sumut, karena terbukti bersama-sama melakukan tindak pidana kekerasan di muka umum terhadap orang dan barang. 
Laporan penikaman itu, kata M Taufiq, diadukan korban Fatur Rahman Zenrato (18), warga Jalan Teratai Lingkungan V, Kelurahan Jengkol, Kecamatan Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat, yang dipukul dan ditikam oleh tersangka di bagian pantat usai aksi balapan liar berlangsung di Jalan Pangkalan Brandan, Desa Sei Siur, Kecamatan Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat. 
Persoalannya, antara korban dan tersangka terlibat adu mulut akibat uang taruhan saat balapan liar itu. Lalu, korban pun didatangi oleh tersangka Jones dan Ucil serta korban pun dipukul sampai dua kali.
Tanpa diduga-duga Jones yang telah menyelipkan pisau di pinggangnya langsung menikam korban di bagian pinggul. 
“Bukan hanya Jones dan Ucil saat itu, tapi sejumlah rekan-rekannya yang lain dan akan dikembangkan sendiri oleh pihak Polres Langkat, Polda Sumut,” sebut AKP Taufiq.
Penangkapan terhadap MY alias Jones, lanjutnya,  atas permintaan Polres Langkat, terhadap keberadaan tersangka yang informasinya terlihat di Ulee Kareng.
Merujuk dari surat laporan polisi serta permintaan bantuan untuk dilakukan penangkapan serta foto tersangka yang telah dikantongi petugas, sehingga penangkapan pun berhasil dilakukan oleh tim opsnal Unit Ranmor. 
Korban setelah ditusuk oleh tersangka waktu itu langsung melaporkan ke Polsek Pangkalan Susu. Sementara para pelaku langsung kabur, salah satunya tersangka Jones yang lari ke Banda Aceh.
Keterangan tersangka MY alias Jones, dirinya sudah empat hari berada di kawasan Ulee Kareng, Banda Aceh.
"Usai ditangkap, tersangka dibawa ke Satreskrim Polresta untuk dilakukan pengembangan dan berkoordinasi waktu penyerahan tersangka dengan Polres Langkat,” demikian AKP Taufiq.(*)
SHARE