BNPB Pusat Kirim Satu Unit Helikopter Ke Aceh Barat Untuk Padamkan Karhutla

SHARE


ACEH BESAR – Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB) Pusat mengirim satu unit helikopter ke Aceh Barat untuk membantu memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di daerah setempat.
Helikopter itu nantinya akan melakukan penyiraman lewat udara di titik-titik api yang selama ini membakar sejumlah lahan di Aceh Barat.
Hal itu disampaikan langsung oleh Kepala BNPB Pusat, Letnan Jenderal TNI Doni Monardo seusai meninjau Guha Ek Luntie, sebuah gua yang menyimpan sejarah tsunami purba, di kawasan Desa Meunasah Lhok, Kecamatan Lhong, Aceh Besar, Rabu (7/8/2019).
“Sudah terima surat permohonan Bupati Aceh Barat, hari ini helikopter akan dikirim ke mari dan mudah-mudahan sore ini helikopernya tiba, sehingga bisa langsung dioperasionalkan, jumlahnya satu unit,” kata Doni dalam konferensi pers ke awak media.
Sebelumnya diberitakan, Bupati Aceh Barat, Ramli MS telah mengeluarkan penetapan status keadaan siaga darurat bencana asap dampak karhutla di kabupaten itu.
Penetapan status tertuang dalam keputusan bupati Nomor 550/2019 tertanggal 5 Agustus 2019 yang akan berlangsung hingga 31 Oktober 2019.
Dalam keputusan tertuang status keadaan siaga darurat sebagaimana dimaksud dalam rangka mengantisipasi bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan.
Terkait dengan telah ditetapkan status, Pemkab Aceh Barat sebelumnya juga telah menyurati BNPB. Meminta dikirimkan helikopter guna melakukan penyiraman melalui udara. (*)
SHARE