Aris Masukkan Ular Piton Dalam Karung, Ditangkap Dalam Kandang, Kerap Mangsa Ayam Warga Lhoong

SHARE


BANDA ACEH - Petugas Pemadam Kebakaran BPBD Aceh Besar, menangkap seekor ulan piton sepanjang kurang lebih 3 meter dari kandang milik Asnawi, warga Gampong Mon Mata, Kecamatan Lhoong, Aceh Besar, Minggu (25/8/2019) sekitar pukul 20.10 WIB tadi malam.
Ular piton yang juga dikenal dengan nama ular sanca tersebut ditangkap setelah dilaporkan memangsa ayam milik desa tersebut
Kepala Pelaksana BPBD Aceh Besar, Farhan AP, mengatakan keberadaan ular piton di kandang ayam milik Asnawi di Gampong Mon Mata tersebut, berawal dari informasi yang disampaikan pemilik kandang ayam itu.
Menurut Farhan, pemilik kandang ayam itu, mendatangi langsung pos pemadam Lhoong dan mengabari hal tersebut.
Kebetulan Aris, sebagai komandan regu (danru) yang selama ini memang dikenal mahir serta memiliki kemampuan menjinakkan binatang reptil sedang berjaga saat itu.
“Begitu mendapat informasi tersebut, Danru Aris dan Zakir, petugas pemadam di Pos Lhoong lainnya langsung bergerak bersama-sama dengan Pak Asnawi, pemilik kandang ayam tersebut,” sebut Farhan, kepada Serambinews.com, Minggu (25/8/2019).
Menurutnya, ular piton di kandang ayam milik Asnawi baru diketahui keberadaannya pada Minggu (25/8/2019) sore.
Karena, khawatir ular tersebut akan keluar dari kandang atau memangsa ayam-ayam miliknya yang lain, sehingga langsung dilaporkan ke petugas.
“Kurang lebih 5 menit setelah lokasi kandang ayam itu didatangi. Aris, mampu menjinakkan ular tersebut yang dibantu oleh Zakir, anggota kami lainnya yang sedang berdinas saat itu.
Ular tersebut langsung dimasukkan ke dalam karung dan besok rencananya ular itu akan dilepas kembali ke alam bebas dan kita berharap kembali ke habitatnya,” sebut Farhan.
Petugas Pusdalops-PB BPBD Aceh Besar, Iqbal menambahkan pada saat ular piton tersebut ditangkap, posisi ular yang memiliki nama ilmiah pythonidae itu sedang berada di sudut kandang dengan posisi siap memangsa.
“Alhamdulillah, setiap ada pengaduan warga yang masuk selama ini, terutama berkaitan dengan gangguan ular piton yang kerap memangsa ayam-ayam milik warga Lhoong, selalu ditangani oleh Aris, meski yang bersangkutan dalam keadaan lepas dinas,” demikian Iqbal.(*)
SHARE