Lhokseumawe Masuki Puncak Kemarau, Berikut Penjelasan BMKG

SHARE


LHOKSEUMAWE – Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Malikussaleh Aceh Utara memastikan kalau sekarang ini, khusus untuk wilayah Lhokseumawe sudah memasuki puncak kemarau.
Bahkan suhunya berkisar antara 34 derajat celcius hingga 36 derajat celcius.
Kepala BMKG Malikussaleh Aceh Utara, Nasrol, menyebutkan, dasarnya musim kemarau sudah sejak Januari lalu dan akan berakhir jelang akhir Agustus mendatang. 
Sehingga sesuai data curah hujan yang diterima pihaknya, untuk sejumlah wilayah di Aceh, khusus Lhokseumawe sejak awal Juli, sudah memasuki puncak kemarau. "Sehingga pada akhir Agustus akan terjadi transisi dari musim kemarau ke musim hujan," jelasnya.
Sedangkan saat memasuki masa transisi musim kemarau ke musim hujan nantinya, diprediksi akan terjadi angin yang akan lebih kencang dari biasanya.
"Bahkan diprediksi juga akan ada puting burung beliung," ujar Nasron.
Jadi, dengan kondisi sekarang ini sedang terjadi puncak kemarau, maka pihaknya mengimbau masyarakat untuk waspada, terutama untuk tidak membakar sampah sembarangan.
"Masyarakat juga diimbau untuk memperlakukan pola hidup hemat air mengingat sekarang ini memasuki puncak musim kemarau," pungkas Nasrol.(*)
SHARE