Puluhan Santri Ummul Ayman Samalanga Terima Sertifikat Kemampuan Bahasa Arab Tingkat Internasional

SHARE


BANDA ACEH - Sebanyak 59 santriwan dan santriwati Dayah Ummul Ayman Samalanga menerima sertifikat kemampuan Bahasa Arab bertaraf internasional dari Universitas Leipzig, University Jerman.
Sertifikat tersebut diserahkan Pimpinan Dayah Tgk Nuruzzahri atau lebih dikenal dengan Waled Nu Selasa (29/4/2019) malam.
Dalam keterangan tertulis yang dikirim pihak dayah kepada Serambinews.com, sertifikat itu diperoleh setelah menyelesaikan serangkaian belajar selama tiga bulan untuk level A1 dan sudah berhasil lulus dari ujian Toafl.
“Alhamdulillah program Bahasa Arab ini sangat membantu peserta didik dalam menggeluti Bahasa Arab modern. Dimana sistemnya mutakhir, belajar di sebuah aplikasi yang terkoneksi langsung kepada internet," kata Waled Nu.
Menurut Waled Nu, dalam program tersebut, para santri bisa mendengar langsung orang Arab berbicara, menulis Bahasa Arab di keyboard, dan membaca teks-teks Arab modern.
"Tahap pertama ini anak-anak kami mendominasi nilai toafl di atas 80 persen," tutur Waled.
Waled Nu menjelaskan, program itu merupakan sebuah aplikasi belajar Bahasa Arab lewat computer terkoneksi internet yang dirancang oleh Arabiyya Institute Leipzig Jerman.
Di samping mendapatkan buku ajar, pelajar dapat mengakses internet langsung untuk belajar setelah membeli akun aplikasi.
“Program itu terdiri atas enam level, A1 dan A2 untuk pemula, B1 dan B2 untuk maju, C1 dan C2 untuk penguasaan. Dalam setiap level disediakan materi belajar dari dars 1 sampai dars 24, kemudian menguji kemampuan dengan fitur E Test yang disediakan untuk menguji materi yang sudah dipelajari," jelas Waled.
Sementara koordinator program tersebut di wilayah Aceh, Abdul Hamid mengatakan, untuk mempelajarinya butuh waktu bertahun-tahun.
Jika yakin meteri per level sudah dikuasi serta ingin mendapat Syahadah Kafa-ah Lughaiyah (Sertifikat) berstandar internasional, untuk keperluan beasiswa atau pekerjaan, peserta bisa mengajukan diri untuk mendapatkan code ujian setelah melakukan proses administrasi pembayaran.
"Ummul Ayman sekarang menyediakan pelayanan tes Toafl berstandar internasional kepada siapa pun yang berminat dengan harga terjangkau. Testingnya dapat diselenggarakan di Laboratorium Bahasa Dayah Ummul Ayman Samalanga," pungkas Abdul Hamid.(*)
SHARE