Wiranto Sebut Ledakan saat Debat Capres Disebabkan Petasan, Polisi Selidiki Pelakunya

SHARE

Jakarta - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto mengatakan ledakan yang terjadi di parkir timur Gelora Bung Karno, disebabkan petasan yang dilakukan orang usil.

Ledakan itu terdengar keras di sekitar area nonton bareng debat calon presiden yang sedang dilaksanakan Minggu (17/2/2019) malam.

"Saya sudah dapat laporan Kapolda dan Pangdam. Itu ledakan dari petasan yang besar, mungkin ada yang usil," kata Wiranto seusai menyaksikan debat capres putaran kedua di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu malam seperti dikutip dari Antara.

Wiranto mengatakan ledakan itu bukan merupakan ancaman.

Dia meminta seluruh pihak tidak berspekulasi.

 "Enggak usah mengada-ada, enggak usah mengarang. Sementara penjelasan Kapolda yang langsung di lokasi ledakan, diidentifikasi dari mercon besar. Kita dalami lagi," ujar Wiranto.

Sementara itu, kedua capres baik Jokowi dan Prabowo secara terpisah dijumpai pasca-debat, mengaku belum mengetahui soal ledakan itu.

Sebelumnya, sebuah ledakan terjadi di Parkir Timur GBK, di dekat Hotel Sultan yang merupakan lokasi debat capres putaran kedua, Minggu malam.

Parkir Timur GBK sendiri merupakan area yang disediakan KPU RI bagi relawan kedua pasangan capres-cawapres untuk menyaksikan debat bersama-sama.

POLISI memberi penjelasan soal penyebab ledakan di Senayan saat debat capres kedua berlangsung, tadi malam, Minggu (17/2/2019). 

Ya, saat debat Capres Kedua berlangsung semalam memang terjadi sebuah ledakan yang mengagetkan semua pihak. 

Bahkan Tim Anjing Pelacak (K-9) Polda Metro Jaya lekas dikerahkan di sekitar lokasi yang diduga sumber ledakan di kawasan Parkir Timur Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta Pusat, usai ledakan terjadi.

Lokasi sumber ledakan tersebut, seperti dilansir Antaranews.com, tepatnya di depan Stadion Akuatik Gelora Bung Karno yang berdekatan dengan tempat debat calon presiden kedua di kawasan Hotel Sultan.

Tim Anjing Pelacak tersebut menyusuri jejak sumber ledakan di sekitar Stadion Akuatik Gelora Bung Karno.

Sebelumnya, dua kali terdengar ledakan yang terdengar hingga Hotel Sultan yang menjadi tempat debat capres kedua sekitar pukul 20.20 WIB.

Petugas Gegana Satuan Brimob Polda Metro Jaya bersenjata lengkap membarikade lokasi yang diduga menjadi ledakan.

Penyebab Ledakan

Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal (Irjen) Gatot Eddy Purnomo mengatakan ledakan di area parkir timur Senayan dan stadion Aquatic bersumber dari petasan.

Polisi saat ini mencari penyimpan petasan di dekat lokasi nobar debat capres tersebut.

"Kita melakukan pengamanan TKP dan Olah TKP dengan jibom hasil sementara yang kita temui sementara ini berupa ledakan petasan," ujar Gatot di Jalan Stadion Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (17/2/2019).

Gatot mengatakan penyelidikan terkait ledakan itu terus dilakukan. Rekaman CCTV yang berada di sekitar lokasi juga sudah diperiksa.

"Ini proses awal masih proses kita melakukan penyelidikan, kita melihat dari CCTV siapa yang menaruh mesti proses waktu," ujar dia.

Sebelumnya para pendukung kedua kubu capres-cawapres sedang asyik menyaksikan awal jalannya debat. Namun seketika ledakan cukup kuat terdengar terjadi. Duar!

Sontak para pendukung paslon berhamburan.

Bahkan diantara mereka ada yang berlari menuju titik ledakan karena penasaran.

Titik sumber ledakan itu berada sekitar puluhan meter dengan lokasi debat untuk pendukung Jokowi-Ma'ruf.

Seketika itu juga personel gabungan TNI-Polri langsung mensterilkan lokasi.

Mereka membuat barikade untuk mengamankan lokasi.

Aparat gabungan TNI-Polri langsung mensterilkan area titik ledakan terjadi.

Rekaman CCTV

Sementara itu, tak berapa lama usai ledakan terjadi, beredar di grup whatsapp yang memperlihatkan video rekaman cctv yang diduga ledakan di Senayan, Jakarta Pusat, Minggu 17/2/2019

Dentuman kencang terasa sekira pukul 20.10 WIB. Tanah di kawasan bergetar. Ratusan aparat kepolisian langsung berusaha mengamankan warga sekitar.

"Menjauh dulu," kata seorang petugas kepolisian di lokasi.

Belum diketahui benda apa yang memicu suara dentuman itu. "Dem," suara kencang itu membuat panik ribuan warga di sekitar kawasan GBK.

Sejumlah massa pun membubarkan diri meninggalkan area GBK.

Simak Videonya di link ini. Klik Disini.

SHARE